EAS IMAGE EDITOR JAVA

sebelumnya saya sudah pernah men-share tentang image viewer yang dimana program itu untuk menginput sebuah gambar ke dalam program kemudian menampilkannya sesuai dgn data yg ada didalam gambar itu.

nah kali ini saya akan sedikit mengembangkan program itu menjadi sebuah "image editor" yang dimana sebuah gambar itu bisa diberi macam efek dan rotasi gambar dan juga hasil gambar tersebut dapat disimpan di folder kita.


1. Berikut Bentuk Interfacenya

fitur yang saya tambahkan ini adalah.... saya jelaskan singkat saja ya hehehe

smaller, larger ini adalah untuk menresize gambar kita menjadi besar dan kecil.

dan 1 tombol refresh yang gunanya nanti apabila gambar sudah melakukan banyak filter gambar bisa direset ulang tanpa perlu di close terlebih dahulu, supaya lebih cepet aja kan ngeditnya hehe.

lalu dalam fitur filter saya tambahkan beberapa filter yang saya rasa menarik untuk dimasukkan.
untuk effect nya mungkin kalian nanti bisa mencoba nya sendiri setelah saya memberikan codingannya.

kemudian saya menambahkan sedikit "fitur lain" yang saya kelompokkan kedalam menu Edit

yup isi beberapa menu ini adalah cara untuk membalikkan gambar apabila dibutuhkan

untuk mencoba beberapa fiturnya mari kita input saja gambarnya ke dalam image editor ini
menekan File -> Open kemudian memilih file tersebut

dan file pun otomatis terbuka


saya akan mencoba salah satu fitur yg bernama "invert filter"
dan ya ini sedikit memberi keunikan pada gambarnya kan hehehe.


mungkin untuk effect lainnya dilihat sendiri nanti karena kalo diinfokan disini blog ini akan jadi terlalu panjang.

2. Berikut Class Diagram yg berasal dari Codingan saya
  semua fitur2 yg saya share tadi itu terbentuk dari beberapa macam class yg class ini kemudian dikelompokkan dalam 1 abstract termasuk Isi fitur Edit juga.

untuk fitur seperti smaller,larger,refresh itu berasal dari class ImageViewer yang merupakan Interface dalam GUI-nya 

mungkin itu saja yang bisa saya share untuk kodingannya mungkin saya akan men-sharenya di file lain karena terlalu banyaknya file sehingga akan menjadi panjang apabila dishare diblog ini.

Berikut Link nya : My Java Program

Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PBO 2 Pemandangan Rumah

Tugas 3 Remote TV